KOMPETENSI MAHASISWA INFORMATIKA MENGHADAPI MEA

STMIK PRINGSEWU – Jum’at (4/3), Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) banyak yang harus di persiapkan dari segi sumber daya manusia dan juga dari segi ekonomi.

Mahasiswa STMIK Pringsewu menggelar Seminar Kompetensi Mahasiswa Informatika Menghadapi MEA . Acara ini sebagai salah satu bentuk kesadaran dan kesiapan mahasiswa STMIK Pringsewu dalam menghadapi MEA. Acara tersebut di buka oleh Nur Aminudin, M.T.I Wakil Ketua III STMIK Pringsewu.

Seminar yang dimoderatori oleh Bapak Miswan Gumanti, MBA ini menghadirkan narasumber Bapak Satria Abadi, M.T.I, beliau merupakan mahasiswa S3 Universitas Selangor Malaysia sekaligus dosen tetap STMIK Pringsewu.

Satria Abadi, M.T.I menjelaskan berkaitan tentang perlunya membekali diri soft skill dan Hard Skill, soft skill yaitu ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (inter Personal Skills) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra-personal Skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. Dengan soft skills seseorang akan memiliki keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun, dan keterampilan spiritual. Soft skills berkontribusi pada berbagai bidang kehidupan, meliputi kepemimpinan, pengelolaan aktivitas, pengelolaan sumber daya dan pengelolaan informasi. Jadi terlihat betapa pentingnya soft skills bagi setiap orang. Sedangkan Hard Skill adalah kemampuan yang dapat menghasilkan sesuatu yang visible dan immediate, pungkasnya.(*na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *